Sunday, July 20, 2014

Program Consultancy - Riset Outlook Ekonomi tahun 2016




RISET OUTLOOK EKONOMI 2016




LATAR BELAKANG

Kondisi perekonomian saat ini sedang bergejolak, baik di tingkat global maupun domestik. Pemetaan atas perubahan harus terus dilakukan baik secara global, regional maupun dalam lingkup industri per wilayah. Dalam kondisi seperti ini, perbankan sebagai institusi yang langsung berhubungan dengan turbulensi krisis tentu memegang peranan kunci sebagai agen yang akan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang sedang bergerak dinamis. Salah satunya adalah penurunan permintaan kredit yang dipengaruhi oleh turunnya prospek usaha nasabah dan tingginya suku bunga. Untuk menjadi institusi keuangan yang survive dan tetap tampil handal maka bank perlu untuk dapat memetakan kondisi ekonomi dengan cermat dan cepat, kemudian merancang strategi perusahaan yang tepat sasaran dan juga memiliki perencanaan yang tepat untuk dapat mengoptimumkan peluang di setiap lini  bisnis yang ada. Untuk itu diperlukan upaya melakukan kajian terhadap kondisi perekonomian Indonesia dan dunia yang tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja internal bank pada masa yang akan datang. Berkaitan dengan hal ini kebutuhan akan data yang dan informasi yang lengkap dan akurat dapat diperoleh melalui kajian/riset yang mendalam dan komprehensif.


TUJUAN

Melalui pengalaman yang panjang dan pengenalan akan kebutuhan klien dalam institusi perbankan, Vibiz Consulting selalu mengedepankan pencapain visi dan misi klien kami. Untuk itu, melalui proposal Riset Outlook Ekonomi tahun 2016, terdapat sejumlah tujuan yang dapat diandalkan berikut ini:


  1. Melakukan studi untuk overview, prospek, dan tantangan perekonomian global serta pengaruhnya terhadap perkembangan segmen bisnis bank.
  2. Melakukan studi untuk overview, prospek, dan tantangan perekonomian Indonesia serta pengaruhnya terhadap perkembangan segmen bisnis bank.
  3. Melakukan studi untuk overview, prospek dan tantangan perusahaan pembiayaan non bank, serta pengaruhnya terhadap perkembangan segmen bisnis bank, termasuk di antaranya perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan, perusahaan sekuritas, dll. 
  4. Melakukan studi untuk overview, prospek dan tantangan sektor riil/industri di Indonesia serta pengaruhnya terhadap perkembangan segmen bisnis bank, termasuk di antaranya sector UMKM, prospek sejumlah industri beserta peluang perbankan dalam memberikan alokasi kredit secara sectoral. 
  5. Melakukan studi untuk overview, prospek, dan tantangan pasar modal serta pengaruhnya terhadap perkembangan segmen bisnis bank, termasuk di antaranya pasar saham, pasar obligasi, dan pasar uang.



METODE RISET

Bekerjasama dengan para pakar ekonomi baik yang berperan sebagai praktisi ekonomi maupun juga sebagai expertise ilmiah, akan dikombinasikan berbagai metode riset berikut ini:

1.      Tinjauan literatur
Dilakukan untuk dapat memberikan gambaran menyeluruh secara teoritis dan empiris literatur tentang seluruh aspek kajian yang dirumuskan dalam tujuan kajian ini.

2.      Desk study dan desk survey
Melakukan kajian dengan mempergunakan studi-studi empirik yang telah dilakukan sebelumnya yang menyangkut pada tujuan dan fokus kajian.

3.      Metodologi Kuantitatif
Metodologi kuantitatif yang digunakan adalah memakai analisis statistika dan ekonometrik untuk membantu membuat outlook dan prediksi serta pengolahan data-data terkait outlook.

4.      Group Discussion
Diskusi akan dilakukan dengan interview kepada narasumber-narasumber terpilih dan kompeten dengan tujuan kajian ini.

No comments:

Post a Comment